Rata-rata dari yang aku lihat, tiga kemasan buah stroberi segar ukuran sedang atau dua ukuran besar, yang dibeli oleh orang-orang. Sebagai yang maniak stroberi (sekarang), aku suka "memborongnya". Tapi, besoknya, aku suka lupa ada stroberi di kulkas, bagian tempat buah-buahan. Alhasil, stroberi pun jadi busuk sia-sia.

Tidak seperti jeruk, apel, anggur atau buah lainnya yang akan tahan lama jika disimpan dalam kulkas. Dua hari saja, sudah ada semacam "kapang", bulu halus berwarna putih. Apalagi jika niat utama membeli stroberinya ingin dibuat jus nantinya. Kadang pas belinya, aku memakannya dengan susu coklat cair hari itu juga, dan sisanya, ingin dibuat jus di hari nanti. Sedih dan rugi kan begitu ingin membuat jus, ternyata stroberinya sudah tidak layak pakai alias busuk.

Nah, untuk para stroberi lover, aku ingin berbagi tips agar stroberi bisa tahan lama di dalam kulkas untuk dibuat jus kemudian. Berikut tips-nya :

  • Bersihkan semua buah stroberi yang baru dibeli, buang daunnya, sisihkan buah stroberi yang ingin dibuat jus nantinya, lalu tiriskan.

  • Setelah kering, masukkan ke dalam plastik transparan (yang biasa seperti buat es, tapi ukuran besarnya, ibu-ibu pasti sudah paham).

  • Banyaknya buah stroberi yang disimpan dalam satu plastik, dibagi sesuai dengan kebutuhan jus yang biasa kamu buat.

  • Simpan dalam freezer kulkas. Ingat lho, freezer, bukan tempat buah-buahan. Niscaya, stroberi pun awet.

  • Dan jika suatu saat ingin membuat jus, ambil saja satu plastik stroberi tadi, langsung masukkan ke dalam blender, walau dalam keadaan beku begitu. Tanpa dicuci lagi dan tanpa es batu. Hanya tinggal menambahkan air matang biasa dan gula secukupnya agar tidak mengurangi rasa asam di stroberi.


  • Jus stroberi pun siap diminum kapanpun kamu mau.
    Stroberi.....sluurrpp.....sluurrpp..........

    Praktis, Untung dan jadi segeeerrr kan......

    0 comments:

    Post a Comment

    Stroberi..Sluurrpp..Sluurrpp..